January 18, 2017

Please reload

Recent Posts

Field Trip ke Museum Air Tawar & Serangga, TMII

March 31, 2018

1/10
Please reload

Featured Posts

Tips memilih Day Care / Tempat Penitipan Anak

May 2, 2014

Tuntutan kebutuhan mengharuskan ayah dan bunda bekerja, sementara pengasuhan buah hati tetap menjadi hal yang utama. Saat ini day care / tempat penitipan anak menjadi salah satu pilihan dalam menitipkan anak untuk diasuh selama ayah dan bunda bekerja. Banyak day care / tempat penitipan anak yang tersedia, berikut dengan plus minus nya.

 

Jangan bingung, berikut adalah tips memilih day care / tempat penitipan anak :​

  • Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai day care yang akan dituju. Bisa melalui website atau kenalan yang telah memakai jasa day care tersebut atau datang langsung untuk bertanya dengan staff nya serta melihat-lihat bentuk fisik dari day care yang dituju. Survey ini sebaiknya dilakukan saat jam operional berlangsung, sehingga Ayah dan Bunda dapat mendapatkan gambaran yang lebih pasti mengenai kegiatan harian day care tersebut.
  • Pilih lokasi day care yang dekat dengan rumah atau searah menuju tempat bekerja / usaha. Lokasi kantor / tempat usaha yang jauh dari tempat tinggal membuat Anda hanya memiliki waktu sedikit di pagi hari, lokasi day care yang dekat dengan rumah atau searah dengan perjalanan ke kantor / tempat usaha, membuat Anda menghemat waktu di pagi atau sore hari saat penjemputan. Selain itu, perjalanan panjang serta suara bising dari kondisi jalanan sering kali membuat bayi / balita Anda kurang nyaman. Sebaliknya ia dapat beristirahat dengan tenang di day care/ tempat penitipan.
  • Pastikan day care / tempat penitipan memiliki area yang bersih dan nyaman bagi anak-anak. Serta yang terpenting adalah dilengkapi dengan perangka-perangkat yang aman serta menunjang proses eksplorasi, pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Kondisi day care / tempat penitipan yang homey akan membuat anak serasa di rumah sendiri. Ini akan membuatnya senang berlama-lama di day care / tempat penitipan dan proses adaptasi lebih mudah. Hiasan colourfull atau dekor bertemakan anak, membuatnya
  • Ratio pengasuh dan anak yang seimbang. Idealnya, 1 (satu) pengasuh menangani maksimal 3 (tiga) bayi dan batita, sementara untuk balita, maksimal 4 anak. Sehingga kondisi dan kebutuhan anak Anda tetap terjaga. Perhatikan juga, apakah pengasuh adalah orang-orang yang biasa menghadapai anak, sayang pada anak serta telaten memperhatikan kebutuhan mereka.
  • Terdapat jadwal kegiatan atau permainan yang dapat membuat anak Anda aktif sekaligus menyenangkannya. Hal ini baik juga agar motoric, kognitif serta empati anak dapat berkembang.
  • Day Care atau tempat penitipan dapat berkomunikasi dengan baik dengan Anda. Simpanlah nomor kontah day care dan pengasuh untuk memudahkan Anda mengontrol keadaan anak Anda.
Please reload

Follow Us