Bermain Pura-Pura


Gambar : https://www.pinterest.com/pin/47428602301577679/

Bermain pura-pura alias role play adalah permainan favorit hampir setiap anak. Pura-pura jadi dokter yang memeriksa pasiennya, pura-pura jadi mama yang sedang menggendong adik, dsb. Meski kelihatannya sederhana, permainan pura-pura ini ternyata bermanfaat untuk perkembangan otaknya, lho. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan imajiasi si kecil telah berkembang pesat. Dan sebagai bonusnya, ana kjuga akan memiliki kemapuan lain yang tak kalah hebat di bidang-bidang berikut :

* Komunikasi

Anak yang senang bermain pura-pura akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ini karena Ia terbiasa berbicara seperti tokoh/peran yang ia tirukan. Jangan heran kalau di usia 3 tahun perbendaharaan kata-katanya akan meningkat sangat pesat dan mereka semakin pintar berbicara.

* Kemampuan Memegan Kendali

Bermain pura-pura akan membuat si kecil bebas menjadi siapa saja, mempraktekan hal ia pelajari, dan menciptakan situasi yang ia inginkan. Hal ini akan memberinya sensasi lebih kuat untuk mengendalikan situasi, bahkan dalam situasi yang belum pernah ia alami.

* Menyelesaikan Masalah

Berimajinasi juga membantu si kecil berpikir lebih kreatif, sehingga ia terlatih untuk menyelesaikan masalah. Sebuah studi yang dilakukan tim dari Case Western Reserve University menemukan, anak yang imajinatif saat masih kecil akan tetap memiliki kemampuan ini saat mereka dewasa.

Sumber : Majalah Parenting Indonesia, edisi Juli 2014

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Instagram Social Icon
  • Facebook Basic Square

© 2015 by Pepito Day Care