Storytelling atau Mendongengkan Anak (Part 1)

Zaman sekarang, banyak orang tua merasa lebih mudah untuk menidurkan anaknya dengan sambil/setelah menonton kartun di televisi. Namun ada cara yang menarik dan tentunya lebih baik bagi para orang tua untuk menciptakan hubungan atau istilah nya bonding yang semakin kuat dengan anak maupun meningkatkan potensi anak dari hasil sebuah proses menidurkan anak. Yang akan kita bahas kali ini yaitu storytelling atau mendongengkan.

Anak-anak di Pepito Day Care sedang dibacakan cerita oleh nanny

Storytelling semudah membacakan cerita dari sebuah buku, namun jika mom and dad tidak banyak memiliki banyak waktu, anda dapat menceritakan pengalaman-pengalaman seperti, cerita masa kecil, maupun membacakannya dari smartphone.Ada beberapa keuntungan dengan storytelling dengan anak:

1. Menanamkan nilai kebaikan dalam diri anak.

Hampir seluruh anak suka mendengarkan cerita, mereka senang mendengarkan cerita tentang karakter favoritnya dan terkadang mencoba untuk meniru mereka. Dengan menceritakan anak pesan yang bermakna, mom and dad dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan, kejujuran dan sebagainya kepada anak sejak usia dini.

2. Membuat anak paham akan budaya atau tradisi.

Menceritakan kepada anak tentang berbagai aktivitas maupun perayaan dari masa lalu mom and dad akan membuat mereka lebih familiar tentang perberbedaan adat istiadat dan berbagai tradisi yang ada dalam keluarga mom and dad.

3. Meningkatkan kemampuan berbicara

Membacakan cerita tentunya meningkatkan kemampuan bahasa serta mengenali kata/frase yang baru. Ini adalah waktu yang sangat tepat bagi mom and dad untuk mengajarkan anak kosakata baru dan pengucapan lafal yang teratur.

4. Meningkatkan kemampuan mendengar

Sebagaian anak kadang memiliki rentang perhatian yang rendah dan sulit berkonsentrasi, juga kadang mereka malah berbicara lebih banyak ketimbang mendengar. Mendongeng untuk anak tidak hanya membuat mereka memperhatikan, tetapi membuat mereka untuk belajar mendengar dan memahami.

5. Meningkat kreativitas dan imajinasi

Mendengarkan cerita membantu anak membayangkan karakter, tempat, dan alur cerita yang diceritakan ketimbang melihatnya secara visual. Ini juga dapat memacu kreaativitas, yang membuat mereka semakin imajinatif, terbuka terhadap ide-ide dan pemikiran bebas.

6. Sebagai sarana untuk mengasah ingatan

Dengan berbagai cara yang kreatif atau metode tertentu, mom and dad dapat menggunakan cerita untuk meingkatkan memori anak.Setelah mom and dad membacakan cerita, anda dapat meminta anak untuk mengulangi cerita yang sama beberapa hari kemudian. Atau bisa juga mom and dad meminta anak untuk menggambarkan cerita yang diceritakan pada kertas. Itu semua adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan memori dan konsentrasi.

7. Memperluas Cakrawala

Anak-anak mungkin tidak selalu terkena langsung budaya dari daerah ataupun negara lain. Tetapi dengan mendongeng, mom and dad dapat membuat anak akrab tentang berbagai budaya dan tempat di seluruh dunia. Cobalah menambahkan bumbu cerita tentang budaya atau tempat dari negara lain saat mendongeng agar dapat meningkatkan pengetahuan anak dan pemahaman yang lebih luas tentang dunia.

8. Membantu pemahaman akademis menjadi lebih mudah

Mendongeng adalah salah satu batu loncatan dalam belajar. Banyak anak memiliki kebiasaan belajar dengan menghafal, tanpa memahami subyeknya. Mendongeng, sebagai salah satu aktivitas rutin, dapat membantu anak-anak untuk menikmati dan lebih memahami apa yang mereka baca. Sebagai contoh di sekolah, pelajaran sejarah yang membosankan bisa dirubah menjadi cerita sejarah yang menarik sehingga dapat membantu anak-anak memahami dengan lebih baik dan rasa ingin tahu yang lebih besar.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Instagram Social Icon
  • Facebook Basic Square

© 2015 by Pepito Day Care